Baca selengkapnya
Selain mesin pencari informasi, Google juga dapat membantumu dalam berbisnis dengan fitur Google My Business.
Yuk, cari tahu lebih lanjut fungsi Google My Business!
Google merupakan situs web yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat di seluruh dunia. Hingga saat ini, Google telah memegang lebih dari 92% pangsa pasar mesin pencari.
Dengan fitur Google My Business, kamu pun bisa menarik pelanggan baru. My Business merupakan alat yang disediakan Google untuk menyediakan informasi bisnis bagi pelanggan.
Google My Business bisa menyediakan berbagai informasi bisnismu, mulai dari nama bisnis, alamat atau lokasi usaha, alamat email, waktu operasional, nomor telepon, foto perusahaan, website, hingga review pelanggan.
Fungsi Google My Business
Foto: Subforce.io
Dengan membuat profil bisnis gratis di Google My Business, kamu bisa mendapatkan pelanggan baru.
Selain itu, ada berbagai manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari tools Google yang satu ini, apa saja? Simak selengkapnya!
1. Meningkatkan Visibilitas
Fungsi Google My Business yang pertama adalah bisa meningkatkan visibilitas bisnis kamu di internet, terutama di seluruh layanan Google.
Jadi, profil bisnis kamu bisa muncul pada penelusuran Google, Google Maps, hingga Google Shopping.
Hal ini tentu saja menjadi keuntungan tersendiri bagi kamu, karena bisnismu akan lebih banyak dilihat orang di internet. Mereka pun bisa saja tertarik dan melakukan transaksi bisnis di toko milikmu.
Melansir laman HootSuite, Google My Business akan lebih baik digunakan untuk toko fisik (offline store). Jika kamu memiliki toko online, bisa memanfaatkan tools Google lain, seperti Google Ads dan Google Analytics.
2. Mempromosikan Bisnis
Fungsi Google My Business selanjutnya adalah bisa digunakan sebagai tempat promosi bisnis secara gratis.
Dengan membuat profil bisnis di Google My Business, kamu pun bisa memberitahu lebih banyak orang tentang keberadaan perusahaan kamu dan informasi lain terkait bisnismu.
Dalam hal ini, promosi yang dilakukan terutama pada layanan Google lain, seperti Google Maps. Menurut data, ada lebih dari 1 miliar populasi di seluruh dunia yang menggunakan layanan Google Maps.
Nah, dengan Google My Business, bisnis kamu pun berkesempatan untuk dipromosikan oleh aplikasi pemetaan digital yang populer ini.
Tak hanya secara lokal, Google My Business bisa mempromosikan toko fisik kamu secara global. Para pelanggan pun akan lebih mudah dalam menenemukan lokasi bisnis kamu.
3. Mendapatkan Pelanggan
Dengan berbagai keuntungan yang didapatkan dari Google My Business tersebut, kamu pun berpotensi mendapatkan lebih banyak pelanggan di toko.
Terlebih lagi lokasi toko kamu bisa dengan mudah ditemukan melalui layanan Google Maps. Jadi, siapa pun bisa menemukan toko fisik milikmu dengan cepat dan mudah.
Selain meningkatkan penjualan, Google My Business bisa menciptakan kredibilitas bisnis yang positif.
Dengan informasi bisnis yang jelas, pelanggan pun akan lebih percaya dan yakin untuk membeli produk atau layanan yang kamu tawarkan.
4. Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari
Fungsi Google My Business berikutnya adalah dapat meningkatkan peringkat di mesin pencari. Karena seperti yang kamu ketahui, Google merupakan salah satu mesin pencari yang populer di dunia.
Dengan memanfaatkan fiturnya, Google akan membantu bisnis kamu lebih mudah untuk ditemukan ketika pelanggan mencarinya di internet.
Selain itu, membuat profil Google My Business juga dapat meningkatkan SEO lokal. Pasalnya, secara khusus, cantuman untuk bisnis lokal lebih mungkin muncul saat orang menelusuri bisnis terdekat menggunakan Google Maps mereka.
Jadi, selain meningkatkan penjualan di toko fisik, SEO juga bisa mendatangkan traffic di website toko online kamu.
5. Memperoleh Review Pelanggan
Fungsi Google My Business lainnya yang menguntungkan ialah kamu bisa mendapatkan ulasan dari pelanggan.
Google My Business menyediakan fitur review, sehingga pelanggan yang berkunjung ke toko fisikmu bisa memberikan pendapatnya secara jujur.
Ulasan pelanggan yang positif tentu saja bisa menguntungkan bagi bisnismu, sehingga dapat meningkatkan kredibilitas bisnis dan mendatangkan pelanggan baru.
Kamu juga bisa melakukan interaksi dengan pelanggan melalui fitur review tersebut. Dengan begitu, ulasan pelanggan dapat meningkatkan brand awareness bisnis kamu.
Cara Menggunakan Google My Business
Foto: Signpost.com
Lantas, bagaimana cara menggunakan Google My Business untuk mendapatkan seluruh keuntungan di atas bagi bisnis? Berikut caranya:
1. Daftar untuk Membuat Akun
Jika kamu ingin memanfaatkan Google My Business untuk keperluan usaha, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mendaftar akun baru.
Tenang saja, membuat akun di Google My Business ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis.
Kamu pun dapat mengakses dan memperbarui cantuman pada profil bisnis kapan dan di mana saja dengan aplikasi Google My Business yang tersedia gratis untuk perangkat selular, seperti Android dan iOS.
2. Masukkan Informasi Bisnis dengan Lengkap
Setelah sukses mendaftar sebagai akun bisnis baru, kamu perlu menambahkan beberapa informasi penting terkait bisnis.
Misalnya, nama bisnis, alamat bisnis, nomor telepon usaha, waktu operasional bisnis. Kamu juga bisa menambahkan foto-foto kantor pada laman profil sebagai portofolio.
3. Verifikasi Akun
Untuk mengaktifkan akun bisnis Google, kamu perlu melakukan verifikasi akun. Setelah kamu meninjau semua informasi bisnismu dan memastikan semuanya akurat, kamu pun siap untuk memverifikasi diri sebagai pemilik bisnis.
Kamu dapat memverifikasi bisnis melalui email, surat, telepon, atau Google Search Console. Jika kamu memilih untuk memverifikasi bisnis melalui surat, email, atau telepon, Google akan mengirimkan kode verifikasi.
Setelah kamu menerima kode verifikasi, masukkanlah kode tersebut pada profil Google My Business. Sementara itu, apabila kamu memilih untuk memverifikasi bisnis melalui surat, kode verifikasi akan tiba dalam 14 hari melalui pengiriman pos.
4. Lakukan Pembaruan Secara Rutin
Meski kamu sudah selesai membuat profil di Google My Business, kamu tetap harus mengoptimalkan operasinya setiap saat. Misalnya, dengan terus melakukan pembaruan secara berkala.
Jadi, jika ada perubahan tentang perusahaan kamu, seperti jam buka, lokasi, atau spesialisasi bisnismu, segera perbarui akun Google My Business, sehingga pelanggan mengetahui informasi penting tersebut.
Selain melakukan pemeliharaan profil, kamu juga perlu memerhatikan interaksi dengan pelanggan pada bagian review.
Pastikan untuk selalu menanggapi pertanyaan dan ulasan pengguna. Dengan berinteraksi dengan pemberi komentar, perusahaan kamu pun dapat membantu pelanggan yang sudah ada dan pelanggan yang akan dating nantinya.
Membuat profil bisnis di Google My Business merupakan salah satu hal penting jika kamu menjalankan usaha.
Pasalnya, fitur Google My Business yang gratis ini akan membantu bisnis kamu untuk menjalin interaksi dengan target audiensmu, serta memberikan informasi bermanfaat kepada pelanggan saat ini dan calon pelanggan di masa mendatang.
0 Reviews