Mengenal Microsite dan Fungsinya

Mengenal Microsite dan Fungsinya

Size
Price:

Baca selengkapnya

Hai .. semuanya  

You are currently viewing mengenal microsite dan fungsinya (lengkap)


Jika Anda ingin melakukan pemasaran online yang efektif, Anda tidak bisa hanya mengandalkan satu tools saja. Anda harus membuat beberapa kampanye pada saat yang bersamaan, misalnya melakukan Search Engine Marketing (SEM). Tentunya hal ini akan menjadi masalah, karena Anda harus menyediakan sumber daya lebih banyak untuk mengelolanya. 

Saat ini, kami akan memperkenalkan sebuah tools atau alat yang membutuhkan pengetahuan dan pekerjaan mendalam yang jauh lebih mudah digunakan daripada tools lainnya, namun memberikan hasil yang tepat untuk kampanye Anda bila digunakan dengan baik dan benar. Tools tersebut bernama Microsite.

Mengenal Apa Itu Microsite?

Mengenal microsite dan fungsinya
Mengenal microsite dan fungsinya (lengkap) 2023

Microsite adalah sub halaman yang memiliki URL berbeda dari halaman website utama, yang memberikan lebih banyak informasi dan dapat mempromosikan sesuatu yang bisa kita lihat di situs website itu sendiri. Secara spesifik, ketika kita melihat Microsite dalam pemasaran online, microsite ini berfungsi sebagai halaman arahan (landing page), iklan produk (product advertising), dan berlangganan / pilihan berlangganan (subscription / subscription options), meskipun mereka dapat melayani tujuan lain juga.

Microsite memiliki banyak fungsi, dan kami akan membahasnya disini. Namun sebelum itu, kami ingin menunjukkan beberapa hal sebagai berikut.

Tujuan Utama Microsite

Mengenal microsite dan fungsinya
Mengenal microsite dan fungsinya (lengkap) 2023

Terdapat 3 tujuan Microsite yaitu informasi, pendidikan dan keterlibatan (engagement).

Di dalam Microsite, Anda dapat mengkomunikasikan mengapa, kapan dan bagaimana Anda mendapatkan keuntungan dan membuat hidup Anda lebih mudah atau lebih baik. Jika berhasil, Anda dapat membuat para pelanggan Anda berlangganan buletin (newsletter) Anda, mendaftar di situs website, atau membeli produk dari situs website Anda.

Berdasarkan Tren B2B terbaru dan laporan benchmark dari Content Marketing Institute menunjukkan bahwa rata-rata tim marketing menggunakan 13 alat pemasaran konten, tepatnya 47% dari Microsites.

Microsite lebih efektif dalam mengkomunikasikan pesan kampanye daripada video atau iklan konvensional (cara lama) lainnya. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan potensi atau kemampuan dari Microsite ini. Namun Anda juga perlu tahu kapan sebaiknya Anda tidak menggunakan alat ini.

Karakteristik Microsite

Berikut adalah beberapa karakteristik sebuah microsite:

  • Biasanya Bersifat SementaraMicrosite yang dibuat berdasarkan satu kampanye digital marketing yang dibatasi oleh waktu.
  • Konten Berat. Microsite memiliki volume konten yang tinggi dengan kata kunci yang lebih spesifik seputar tema microsite.
  • Independen. Sebuah microsite didukung oleh alamat email, konten, dan media sosialnya sendiri.

Beberapa halaman di microsite mungkin berisi hal-hal seperti:

  • Halaman demo produk
  • Tempat untuk mendapatkan konten dengan topik khusus
  • Formulir atau survei

Microsite biasanya tidak memiliki fungsi ecommerce yang rumit. Microsite sering kali digunakan untuk memperoleh peluang, untuk mendukung kampanye pemasaran yang lebih besar, atau untuk mempromosikan satu produk, bukan untuk penjualan yang banyak melibatkan basis produk Anda.

Perbedaan Microsite dan Situs Website

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara Microsite dengan situs website pada umumnya :

Nama Domain Berbeda

Salah satu perbedaan utama antara microsite dan situs website normal adalah microsite berada di domainnya sendiri, yaitu alamat website atau URL miliknya sendiri yang tidak perlu berisi nama brand Anda. Jika situs website Anda adalah www.example.com, domain microsite Anda bisa menjadi, contoh : www.hostingmurahhdanterjangkau.com.

Microsite Bukanlah Subdomain

Penting agar kamu tidak menyamakan antara microsites dengan subdomain. Seperti namanya saja, subdomain merupakan situs yang ada di bawah domain utama Anda. Anda mungkin pernah memperhatikan bagian blog dari beberapa situs web favorit Anda yang memiliki kata ‘blog’ di depan URL normalnya (seperti blogs Masterweb ini). 

Microsite Bersifat Sementara

Microsite cenderung menjadi sebuah situs sementara. Beberapa brand menggunakannya hanya sebagai bagian dari kampanye atau strategi pemasaran tertentu. Setelah kampanye berakhir, maka microsite juga ikut berakhir. 

Namun, ini tidak selalu terjadi! beberapa microsite ada yang terus diperbarui, digunakan kembali oleh brand, atau pada akhirnya dimasukkan ke dalam situs website utama mereka. 

Microsite Memiliki Konten Yang Berbeda

Microsite seringkali berisi elemen media seperti audio, gambar, atau video yang tidak ada di situs utama. Fungsi keterlibatan kreatif sering kali dibangun ke dalam sebuah Microsite.

Ukuran Tidak Selalu Penting

Dibandingkan dengan situs website biasa, microsite seringkali memiliki jumlah halaman yang sedikit. Yang ingin dilakukan brand dengan microsite adalah untuk meminimalkan kekacauan dan gangguan sehingga konten bisa lebih fokus.

Microsite Membutuhkan Strateginya Sendiri

Kampanye digital marketing tidak terjadi kalau tidak memperhitungkan beberapa faktor seperti: penargetan kata kunci, maksud pengguna, penargetan pelanggan, ajakan bertindak, strategi media sosial, link building (tautan rujukan dari situs website pihak ketiga berkualitas tinggi ke microsite Anda), dan email marketing. 

Cara brand mendekati faktor-faktor ini untuk microsite akan berbeda dengan cara brand menanganinya untuk situs website utamanya. Hal ini dilakukan untuk menyederhanakan faktor-faktor tersebut untuk kampanye yang memiliki target tertentu. Faktor-faktor ini kemudian dapat digunakan sebagai metrik untuk mengukur kinerja dan menetapkan tolak ukur.

Sekarang, setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang apa itu microsite dan apa perbedaannya dari situs website biasa, mari kita lanjutkan ke tujuan sebenarnya dari microsite.

Untuk Apa Microsite Digunakan?

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa brand, terutama yang memiliki pengenalan brand dan target market yang baik, memutuskan untuk membuat situs mini yang ada di luar situs utama mereka. Ini hampir berlawanan dengan prinsip pemasaran yang mengutamakan ekuitas sebuah brand

Sebuah Brand menggunakan microsite untuk alasan tertentu. Microsite memungkinkan brand menggunakan strategi konten alternatif untuk menjangkau audiens tertentu. Dalam banyak kasus, perusahaan memiliki situs website yang struktur, desain website, dan pengiriman pesannya lumayan kaku. 

Namun hal tersebut bukan berarti sesuatu yang buruk. Terkadang masuk akal bagi sebuah brand memiliki situs website seperti microsite. Apa saja yang diizinkan oleh microsite untuk dilakukan oleh sebuah brand

  • Menjadi lebih kreatif
  • Bisa menargetkan audiens tertentu yang membutuhkan pesan yang berbeda dari jenis standar sebuah brand
  • Mulai bereksperimen dengan berbagai format media (blog, video, audio, dll)
  • Buat platform lain untuk mendapatkan visibilitas online
  • Menarik perhatian audiens agar melihat produk atau layanan baru yang mereka keluarkan
  • Buat cara alternatif untuk menangkap email atau membangun pengikut media sosial
  • Tunjukkan sisi lain dari sebuah brand (ini dapat mencakup perubahan nada suara)
  • Menyediakan platform yang berfungsi sebagai satu bagian dari keseluruhan layanan yang mereka sediakan (misalnya situs mobile banking)
  • Menyediakan platform yang memudahkan proses organisasi tertentu

Jika situs website Anda memiliki ratusan atau ribuan halaman, microsite adalah cara yang bagus untuk meringkas atau menyaring inti dari situs website Anda sebenarnya.

Microsites adalah cara terbaik bagi sebuah brand untuk memanfaatkan apa yang ditawarkan digital marketing, terutama jika mereka beroperasi di kawasan yang kompetitif.

Apa Yang Membuat Microsite Bagus?

Jika Anda membaca artikel ini secara teliti, kata “penargetan” adalah kata yang sering muncul beberapa kali dalam artikel ini. Hal tersebut karena kata penargetan merupakan dasar dari sebuah Microsite. Tak perlu dikatakan lagi, bahwa microsite yang baik harus tepat dengan pesannya dan memenuhi maksud pemasaran brand dan dapat memuaskan para pengunjung. 

Cara yang baik untuk melakukannya adalah dengan membuat website micro atau microsite Anda secara sederhana. Berikut ini beberapa hal yang membuat microsite menjadi bagus:

  • Konten

Microsite harus memiliki konten yang seunik mungkin dan dapat berdiri sendiri serta menonjol dari apa yang ada di situs website brand biasa.

  • Navigasi

Jika sebuah microsite memiliki lebih dari satu halaman, menjadi hal yang mudah untuk dinavigasi.

  • Dapat Dibagikan

Microsite harus memiliki tombol yang memudahkan untuk berbagi di media sosial, aplikasi seluler, email, dll.

  • CTA (Call To Action)

Microsite yang baik harus memiliki ajakan bertindak yang jelas dan dapat ditindaklanjuti.

  • Analitis

Microsite yang bagus terhubung ke alat analisis kinerja yang memungkinkan Anda dapat mengukur KPI Anda.

  • URL / Nama domain yang dioptimalkan

Jika memungkinkan, microsite yang baik harus memiliki URL yang menyertakan secara acak sebuah slogan, nama kampanye, kata kunci yang ditarget, nama produk, dan lain sebagainya. Hal ini memberikan kesempatan bagi microsite untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari Google sekaligus menjelaskan secara spesifik tentang microsite tersebut. 

Seorang pengguna lebih cenderung mengunjungi microsite yang memiliki alamat website yang berisi kata kunci yang mereka telusuri.

Apa Saja Manfaat dan Fungsi Microsite?

Akhirnya Anda masuk di pembahasan inti dari artikel ini yaitu seberapa bermanfaatnya microsite sebagai bagian dari kampanye digital marketing Anda. Berikut ini adalah 8 manfaat dan fungsi Microsite yang perlu Anda ketahui :

Untuk Meningkatkan Visibilitas Sebuah Brand

Microsite menawarkan cara lain bagi sebuah Brand untuk meningkatkan kesadaran brand mereka secara online. Karena microsite digunakan untuk membuat konten yang menarik, menyenangkan, informatif, kreatif, dan inovatif, microsite dapat membantu mendapatkan atau mempertahankan kesadaran atas pikiran. Internet adalah bidang yang kompetitif. Apa pun yang dapat memberi Anda keunggulan atas pesaing layak untuk diinvestasikan.



Generasi Pemimpin Baru

Mendapatkan peluang baru adalah inti dari setiap tujuan pemasaran bisnis. Jika dilakukan dengan baik, microsite dapat menarik banyak calon pelanggan, daripada mendorong mereka menuju tindakan yang akan mengubah mereka menjadi sebuah peluang. Pelanggan biasanya tidak pernah sadar atau waspada terhadap periklanan online yang bertarget. 

Cara sebuah brand yang sukses menghindar dari hal ini adalah dengan menciptakan pengalaman yang tampak informatif dan menarik, bukan taktik penjualan keras atau pemasaran yang biasa-biasa saja. 

Microsite yang tepat dapat memberikan proses yang mudah dan mulus dari rasa keingintahuan pelanggan sampai minat pelanggan yang tulus. Peluang beralih ke langkah berikutnya dalam memasarkan penjualan karena microsite telah menawarkan pengalaman yang berbeda kepada para pelanggan.

Terjangkau

Microsite bisa semurah mungkin atau bisa jadi semahal anggaran yang Anda keluarkan. Karena banyak uang yang dikeluarkan tidak selalu sama dengan hasil yang bagus, jangkauan microsite dapat menyeimbangkannya. Ini berarti sebuah brand yang lebih kecil dapat bersaing dengan brand besar asalkan bisa lebih kreatif dan menyediakan konten yang bagus.

Bagian dari Perjalanan Pembelian Pelanggan

Internet telah menambahkan tingkatan bagaimana cara konsumen menjalani sebuah proses penjualan. Google menciptakan “Momen mikro” (yaitu konsumen yang secara refleks menggunakan perangkat smartphone untuk tujuan pengumpulan informasi yang dapat mengarah pada pembelian) menjadi bagian besar dari perilaku para pelanggan. 

Memiliki microsite yang dapat mengirimkan informasi yang dipilih oleh konsumen adalah cara yang fantastis untuk situs website Anda berada disana dalam perjalanan pembelian mereka. Anda dapat membuat microsite untuk setiap langkah pemasaran produk Anda.

Tingkatkan Keterlibatan Pelanggan

Saat ini kita sedang berada di zaman dimana seorang selebriti dengan mudahnya membalas tweet dari fans mereka. Begitupun para konsumen yang menuntut lebih banyak dari sebuah brand belakangan ini. Iklan yang ada di televisi, iklan di radio, atau pesan singkat seperti “Silahkan beli produk dari kami sekarang!!!” di spanduk atau di situs website tidak akan berfungsi lagi. 

Pelanggan menginginkan sebuah interaksi, mereka mendambakan adanya keterlibatan. Microsite adalah cara yang lebih mudah untuk melakukan hal ini. Jika Anda menawarkan ini kepada para pelanggan Anda, mereka akan berterima kasih atas upaya Anda dengan membagikan konten Anda, menumbuhkan popularitas brand Anda melalui pemasaran dari mulut ke mulut sehingga menjadi pendukung brand, datang kembali untuk kunjungan kembali, dan lain sebagainya.

Dapat Meningkatkan Kinerja SEO

Jika ada area tertentu dalam bisnis Anda yang ingin Anda lihat kinerjanya lebih baik di mesin pencari Google, microsite dapat membantu mencapainya. Dengan menargetkan kata kunci, topik, atau bidang keahlian tertentu dan menempatkannya di situs yang tepat, tentunya Anda akan memiliki peluang lebih banyak untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari Google.

Meskipun pada tingkat permukaan, ini mungkin tampak hanya bermanfaat bagi sebuah brand yang memilih untuk menghosting microsite mereka di domain situs website utama mereka. Namun bagi sebuah Brand yang meng-hosting konten kaya akan SEO di domain microsite terpisah, mereka  masih bisa mendapatkan banyak manfaat dengan:

  • Memiliki Tautan ke Situs Website Utama mereka
  • Menghubungi situs website pihak ketiga yang telah ditautkan ke microsite dan meminta mereka juga untuk menautkan ke situs website utama mereka
  • Memiliki URL microsite yang dialihkan ke halaman yang relevan di situs website utama setelah kampanye selesai

Microsites juga cocok untuk elemen SEO seperti data terstruktur (skema) dan AMP (Accelerated Mobile Pages), dua fitur di mesin pencari Google yang dapat meningkatkan klik.

Bagus Untuk CRM

Brand apapun yang sepadan harus mengetahui pentingnya mempertahankan pemasaran kepada pelanggan. Meskipun buletin email (email newsletter) masih merupakan cara yang bagus untuk memberitahu pelanggan Anda, namun dengan mengirim email newsletter secara berulang tentunya hal ini dapat membuat para pelanggan bosan. 

Dengan microsite, komunikasi pemasaran Anda bisa lebih beragam, dinamis, inovatif, menarik, dan berkesan. Bergantung pada jenis bisnis Anda, Anda dapat mengatur microsite dengan menyertakan fitur yang membuatnya unik bagi para pengguna. 

Anda bisa menggunakan riwayat pembelian sebelumnya untuk menunjukkan tipe kepribadian mereka. Menjual silang produk dan layanan tambahan kepada pelanggan yang sudah ada melalui saluran ini bisa lebih efektif daripada sekadar mengirim email saja. Ingin membuat mereka kembali lagi? Beri mereka lebih banyak!

Mengukur Sebuah Kesuksesan

Pemasaran melalui mesin pencari Google bisa menjadi hal yang sangat kompleks yang mengarah ke data dan analisis yang kompleks. Namun, jika Anda bandingkan dengan situs website biasa, microsite lebih berfokus pada satu kampanye dan sekumpulan sasaran saja.

Ini berarti untuk menetapkan KPI dan menentukan metrik apa yang harus digunakan untuk mengukur kesuksesan akan jauh lebih mudah. Dengan alat fantastis seperti Google Analytics, menghitung ROI microsite Anda sangat mudah. Faktanya, bekerja di microsite mungkin dapat membantu Anda merampingkan cara Anda mendekati pengukuran kesuksesan di situs website utama Anda.

Kekurangan Microsite

Meskipun microsite memiliki begitu banyak manfaat dan fungsinya, ternyata microsite juga memiliki sedikit kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari Microsite :

Kebingungan Brand

Jika pencitraan sebuah brand dan konten di microsite sangat berbeda dari biasanya, mungkin para pelanggan akan merasa kebingungan. Hal ini dapat terjadi terutama ketika konten lebih didorong oleh teks daripada produk atau layanan. 

Sebagai seorang manusia, kita lebih senang berada di zona nyaman kita dan setiap ada perubahan yang mengganggu yang dapat membuat kita berhenti, tentunya hal ini tidak akan berjalan dengan baik.

Untungnya, masalah ini dapat dihindari dengan menemukan posisi yang pas antara yang lebih dulu dikenali oleh para pelanggan dengan sesuatu yang baru yang akan menarik minat mereka.

Memanfaatkan Sebuah Brand

Untuk perusahaan dengan pengenalan brand yang cukup besar yang terbiasa menarik sejumlah besar pengunjung ke situs website mereka hanya menggunakan microsite, ide untuk tidak memanfaatkan ekuitas yang dibangun ini pada microsite bisa tampak kontraproduktif.

Untuk mengatasi ketakutan ini, sebuah brand besar dapat memanfaatkan kekuatan finansial dan akses ke sumber daya untuk membangun microsite yang benar-benar luar biasa. Ini akan mengarah pada konten menarik yang berbicara untuk dirinya sendiri dan mendapatkan perhatian, yang pada akhirnya akan memberi mereka lebih banyak pengenalan brand dan meningkatkan manfaat sebuah brand yang dikhawatirkan tidak digunakan sejak awal.

Usaha Kecil

Bisnis baru yang masih dalam tahap awal membangun reputasi dan jumlah kunjungan situs website utamanya, mungkin melihat microsite sebagai platform yang mengalihkan perhatian darinya. Ini adalah tipuan yang valid untuk dipertimbangkan.

Namun, microsite yang bagus bisa mendapatkan banyak pelanggan dan meningkatkan visibilitas sebuah brandMicrosite dapat menjadi titik masuk bagi pelanggan baru yang akan berakhir di situs utamanya, jika navigasi dan interaksi di microsite dijalankan dengan cerdas. Microsite unik yang disatukan dengan baik dapat menjadi viral dan menghasilkan banyak peluang yang luar biasa.

Kesimpulan

Microsite adalah halaman website atau sekumpulan halaman website yang biasanya bersifat sementara dan hadir untuk melayani tujuan tertentu mulai dari peluncuran produk baru hingga demonstrasi keahlian di bidang tertentu. 

Meskipun microsite berbeda dari situs website normal dalam hal URL dan pencitraan sebuah brand, tujuan utamanya adalah membuat pengunjung pada akhirnya menjelajahi situs website utama dan meningkatkan kesadaran brand secara keseluruhan. Meskipun ada beberapa kekurangan dalam berinvestasi menggunakan microsite, manfaat dan fungsi dari microsite jauh lebih besar.

Anda bisa beli domain dan hosting di Masterweb untuk membangun microsite bisnis Anda yang tentunya bisa Anda gunakan untuk mempromosikan situs website utama Anda.

Dengan menggunakan hosting bisnis terbaik dari Masterweb, akses microsite Anda akan 30x jauh lebih cepat karena hosting bisnis dari Masterweb menggunakan hardware terbaru, didukung oleh teknologi server yang sudah berbasis cloud dan bandwidth yang tidak terbatas. 

Sekian informasi yang bisa mimin berikan tentang apa itu 

0 Reviews

Contact form

Nama

Email *

Pesan *